[Tips] Membuat QR Code berformat vector

on January 27, 2012
Pernahkah sobat blogger mendengar istilah QR code? Atau mungkin pernah melihat gambar yang tersusun dari persegi hitam putih seperti yang ada pada posting saya kali ini? Pasti sebagian besar sobat blogger menjawab "Ya!" karena hal ini bukanlah barang baru bagi kita.QR code adalah singkatan dari "Quick Response Code" atau jika dalam bahasa Indonesia disebut "Kode Respon Cepat".

Cobalah scan QR code ini
Saya cuma ingin sedikit menjelaskan dahulu tentang QR code. QR code adalah sebuah kode matriks atau barcode 2 dimensi yang diciptakan Denso-Wave (perusahaan di Jepang) pada tahun 1994. Tujuannya untuk menyampaikan informasi dengan cara menerjemahkan kode ini dalam waktu yang singkat menggunakan kamera pada ponsel yang memiliki aplikasi QR code reader (pembaca). Di Indonesia sendiri pemakaiannya dipopulerkan oleh harian Kompas.

Bagi sobat yang ingin membuat QR code,
googling saja dengan keyword "QR code generator", terdapat banyak website yang dapat membuat QR code. Salah satunya adalah qrcode.littleidiot.be, keistimewaan dari website ini dapat membuat QR code dalam format vector. Dengan format vector tentu memudahkan bagi saya dan sobat blogger yang berkesibukan di bidang desain atau ingin menggunakan QR code pada karya desain.

Tampilan website qrcode.littleidiot.be

Website ini menyediakan berbagai pilihan jenis QR code, warna, ukuran, dan ECC level yang dapat kita atur sesuai keinginan kita. Setelah selesai menentukan semua opsi langsung saja klik button "CREATE".

Hasil QR code dan pilihan format pada kanan untuk download

Pilihan format vector .EPS dan .SVG dapat sobat buka dengan Adobe Illustrator, CorelDRAW, InkScape atau software lainnya. Jika sobat blogger ingin berbagi info lainnya silahkan isi pada kolom komentar di bawah posting ini. Semoga info yang saya berikan berguna, selamat mencoba, selamat berkarya, semoga berhasil.

1 comments:

Admin said...

Rata2 qr code yang dibuat berupa url. Kalau mau yang rasa Indonesia coba kunjungi
qr.my.to
Ada berbagai macam pilihan tampilan, warna dan format data
Misal QR Code untuk melengkapi kartu nama. Bisa di isi peta ke rumah, phonebook, atau format SMS. Ada versi gratis dan berbayarnya. Kalau mau mencicipi yang versi berbayar dikasih 3 kuota. Ada afiliasi juga, lumayan untuk tambahan penghasilan

Post a Comment

Your comment is always appreciated. I will try to reply to your queries as soon as time allows.

Scroll to Top