[Android] Cara menyembunyikan file pada sdcard

on February 2, 2012
Azhdroid Playground

Terkadang hal apapun yang kita simpan (pada sdcard smartphone android) bisa dilihat atau ditampilkan dengan aplikasi yang ter-install. Mungkin saja, ada data tertentu yang sebenarnya rahasia atau tidak seharusnya tampil pada aplikasi. Sobat blogger yang ingin tahu lebih dalam menyimpan data pada android, bisa mencoba tips saya kali ini.

Untuk apa menyembunyikan file?
Ringtone yang disimpan dalam sdcard, biasanya ikut ada dalam daftar pilihan di aplikasi music player. Juga koleksi wallpaper atau icon, biasanya akan ikut masuk album gallery. hal ini bisa dicegah dengan cara mudah. Sobat blogger yang ingin menyembunyikan data yang "sangat rahasia" juga bisa (Hayooo data apa yang "sangat rahasia"?).

Saya menggunakan ASTRO File Manager yang tersedia gratis di Market. Buka file manager dan rename nama file (filename) atau folder dengan menambahkan tanda titik pada awal nama. Contoh folder bernama Comic , kita rename menjadi.Comic , sangat sangatlah mudah. Tinggalkan cara lama menyembunyikan dengan folder abjad A sampai Z dan di dalamnya ada folder yang sama begitu seterusnya, kuno!. 

ASTRO File Manager

Cara lainnya adalah dengan menggunakan Notepad (Windows) atau Gedit (Ubuntu). Buatlah file text kosong (tanpa diketik apapun). Kemudian rename menjadi .nomedia , harus ada tanda titik di awal kata "nomedia" dan jangan diberi tipe ekstensi (filetype). Jadi hanya .nomedia bukan .nomedia.txt . Copy file .nomedia pada folder yang tidak ingin dibaca (scan) oleh android.

Bisakah menyembunyikan dengan aplikasi? Bagi yang smartphone android-nya punya memory besar dan tidak mau ribet (padahal cara di atas gak ribet) bisa mencari aplikasi pada Android Market. Juga ada aplikasi yang menggunakan password untuk membuka file yang disembunyikan.

Semoga cara dari saya berguna buat sobat blogger. Selamat mencoba, semoga berhasil!.

7 comments:

eko tri said...

wah bahaya nih, sembunyi sembunyi :D

Azh said...

cuma sharing tips sederhana, mungkin aja ada yang belum tau
trimakasih sudah berkunjung mas

Bayu' said...

>> Kutip.
Saya menggunakan ASTRO File Manager yang tersedia gratis di Market. Buka file manager dan rename nama file (filename) atau folder dengan menambahkan tanda titik pada awal nama. Contoh folder bernama Comic , kita rename menjadi.Comic , sangat sangatlah mudah.

trs kalo udah, cara biar bs ngebuka/ngliat file seperti photo dan video lg gmn ya...?

Azh said...

@Bayu' kalo pakai astro, ada di menu - more - preferences, pilih "look and feel" nah pada pilihan setting itu bisa kita pilih (check/uncheck) show hidden files

trimakasih sudah berkunjung

Putu Sugiarta said...

gimana biar ringtone yng kita download via aplikasi seperti misalnya 3D ringtone, agar tidak nyampur siapa album musik.
terima kasih

Azh said...

@Putu Sugiarta kalau cara yang saya pakai sama saja, rubah nama folder dengan awalan "." (dot/titik), kumpulkan ringtone dalam 1 folder, mungkin folder bernama "ringtone", kemudian rubah menjadi ".ringtone", semoga berhasil

trimakasih sudah berkunjung

danial darwis said...

Bagaimana cara memunculkan kembali file yang sudah diubah namanya menjadi "nomedia"

Post a Comment

Your comment is always appreciated. I will try to reply to your queries as soon as time allows.

Scroll to Top